Rabu, 29 September 2010

LifeStyle Ala Islam

Bismillah .

Sahabatku fillah,
Pernah denger kn pepatah yang bilang kalau SEHAT ITU MAHAL !, Mahal darimananya ??, wong kita menghirup nafas saja gratis, menikmati pesona embun pagi dg udara yang aduhaaai ...menyejukkannya pun juga kita dapatkan secara GRATIS TIS TIS !!, Diskon 100% deh pokoknya . Siapakah yang memberikan itu semua ??? Tak lain dan tak bukan Dialah Allah Azza Wajalla, pemilik Alam semesta beserta isi isi nya. Lalu mahal nya dari mana ???
MAHAL ketika kita melihat orang lain terbaring di rumah sakit dg segala atribut yang melekat ditubuh. Seperti selang infus, tabung oksigen, dll . MAHAL ketika kita melihat orang lain duduk tak berdaya  di kursi roda. MAHAL ketika kita melihat orang lain merogoh kocek untuk membeli tabung oksigen hanya karena anaknya sulitnya bernafas . Oh My God !, Coba lihat diri kita,  dg sangat mudahnya kita mnghirup oksigen dan mengeluarkn karbon dioksida. Sangat mudah !, Bayar ???, jelas gak lah !!, Hmm ..bayar sih ..tapi bayarnya dg nikmat syukur kita kepada Allah .  ^_^
Sudahkah diri kita ini bersyukur atas segala nikmat yg diberikanNya ??
====================================================
Agama Islam sangat mengutamakan kesehatan (lahir dan batin) dan menempatkannya sebagai KENIKMATAN KEDUA setelah Iman. Dalam hal ini, Rasulullah bersabda :“Mohonlah kepada Allah pengampunan, kesehatan dan keyakinan di dunia dan akhirat. Sesungguhnya Allah tidak memberikan kepada seseorang setelah keyakinan (Iman) yang lebih baik daripada kesehatan.” (HR. Ahmad, Tirmidzi, dan Ibnu Majah dari Abu Bakar, sahih sanadnya dari Ibnu Abbas).  Sama seperti  seseorang yang ingin pandai tentu saja harus belajar dan berusaha mengenal prinsip prinsip hidup sehat,  setelah itu melaksanakannya dan inilah beberapa petunjuk Agama yang berhubungan dengan kesehatan:

MAKANAN
1. Makan Jangan Berlebihan
Allah SWT. Berfirman: ”Makan dan minumlah, dan jangan berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan.” (QS. 7:31).
Dan dalam surat Thaha ayat 81, Allah SWT. berfirman : “Makanlah di antara rizqi yang baik yang telah kami berikan kepadamu, dan janganlah melampaui batas padanya, yang menyebabkan kemurkaan-Ku, maka sesungguhnya binasalah ia.” (QS. 20:81)
Kalau dalam ilmu kesehatan, makan dan minum merupakan kebutuhan dalam pemenuhan nutrisi sebagai penunjang hidup, yang jumlah dan macamnya harus sesuai dengan keperluan tubuh, tidak boleh kekurangan dan tidak boleh berlebihan. Yang bila kekurangan atau berlebihan akan menggangu kesehatan tubuh. Sehubungan dengan ini Nabi SAW. telah bersabda : “Tidaklah seseorang manusia memenuhi satu wadah yang lebih buruk daripada perutnya, Cukuplah bagi anakmanusia beberapa makanan yang dapat menegakkan tulang rusuknya, jika memang harus makan banyak maka sepertiga untuk makanannya, sepertiga untuk minumannya, dan sepertiga untuk nafasnya.” (HR. Tirmidzi)

2. Makan Makanan yang Sehat
Jangan asal gak makan berlebihan terus kita boleh mengkonsumsi maknan sembarangan ! THAT’S A BIG FALSE !, makanan yg gak tau dari mana komposisinya, pengolahannya steril atau gak, itu SAH gak kalau kita makan ??, (nikah kalee sah), hehe ..
Katanya sih ..gpp kok orang Cuma sedikit juga ..
Sedikit sih sedikit ..tapi kalo makannya setiap hari??? …weleeh weleeh ..gimana gak ngamuk tuh pencernaan ,
Allah SWT. Berfirman yang artinya: ” Dan makanlah makanan yang halal lagi baik dari apa yang Allah telah rizqikan kepadamu, dan bertaqwalah kepada Allah yang kamu beriman kepada-Nya”. (QS. 5:88) dengan memenuhi makan yangmemenuhi unsur gizi ini lagi baik (thayyib) diharapkan tubuh berada dalam keadaan yang optimal sehingga daya tahan tubuh akan bekerja secara maksimal dalam menolak segala macam penyakit.

 3. Di Samping itu pula NAbi SAW. menganjurkan agar mendinginkan makanan atau minuman sebelum dimakan atau diminum
Dengan sabdanya : “Dinginkan makanan dan minuman kamu sesungguhnya tidak ada kebaikan pada makanan/minuman yang panas.” (HR. Al-hakim dan Ad-Dailami). Mendinginkannya tidak dengan ditiup dengan nafas karena ini juga dilarang oleh NAbi SAW. (HR Ibnu Majah). Mengapa ???, karena selain bau, juga nafas kita ini ternyata tanpa kita sadari kuman2 pada bersarang di mulut kita . hihi ..sekalipun kamu sudah gosok gigi. Karena gosok gigi gak menghilangkan semua kuman yg ada . Sekalipun juga kamu udah kumur pake “List**ne”, teteeep gak menghilangkan kuman 100%.  Iiiyaks banget kn kalo kuman kayak gitu nemplok lagi di makanan/minuman kita ??.Bahasa kasarnya Dari jigong kembali ke jigong .  Hihihi ..
Dalam bidang Gastroenterologi diketahui bahwa makanan yang panas dapat menyebabkan permukaan pada selaput lendir saluran cerna yang menyebabkan rasa sakit, perih, rasa panas, kembung, rasa penuh, mual, rasa seperti diiris Dll.
Tabayyun sedikit, PANAS disini berarti panas yang sudah melebihi batas normal suhu makanan yg seharusnya  kita makan. Atau yg biasa kita kenal dg sebutan “HANGAT” .

4. Tidak minum Alkohol dan apa saja yang merusak tubuh
Allah SWT. Berfirman: “Mereka bertanya tentang khamar dan judi, katakanlah, pada keduanya ad bahaya yang besar dan pula manfaatnya pada manusia, dan bahayanya lebih besar darimanfaatnya.” (QS. Al-Baqarah: 219). ada ayat lain dikatakan juga oleh Allah SWT. : “Hai orang-orang yang beriman sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah perbuatan keji termasuk perbuatan Syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.” (QS. 5:10)
Oleh para ahli, alkohol dapat menimbulkan kerusakan pada seluruh bagian tubuh manusia, seperti system syaraf, pembuluh darah, jantung, hati dan saluran cerna dan lain-lain.(ctm)
Intinya segala sesuatu yg dapat mendzolimi diri sendiri itu HARAM HUKUMNYA .


KEBERSIHAN
Nabi SAW. bersabda: “Bersihkan halaman-halaman karena Yahudi tidak membersihkan halaman-halaman mereka.” (HR. Thabrani) .
Ckckk ..pintar sih …tapi joroook …gk banget deeeh ..
Nabi SAW. Bersabda: “Sesungguhnya Allah Indah, menyukai keindahan, bersih, menyukai kebersihan, Mulia, menyukai kemuliaan dan Dermawan menyukai kedermawanan, maka bersihkanlah halaman-halamanmu dan janganlah meniru orang-orang yahudi.” (hr. Tirmidzi) Dalam Al-Qur’an Allah SWT. Berfirman yang artinya: “Dan diturunkan padamu air dari langit (hujan) untuk alat pembersih dirimu. (QS. Al-anfal:11)

Diriwayatkan dari para sahabat, bahwa mereka tidak pernah melihat noda atau kotoran pada baju Nabi SAW. Walaupun beliau menyukai pakaian atau baju berwarna putih. Juga mereka tidak pernah mencium bau tidak sedap dari diri Nabi SAW. Beliau tidak senang melihat salah seorang sahabat yang rambutnya tidak terurus rapi apabila menghadap beliau, dan memerintahkan untuk mencuci dan menyisir rambut terlebih dahulu apabila ingin menghadap beliau. Demikian juga NAbi SAW. Memerintahkan para sahabat/umatnya untuk bersiwak/membersihkan gigi tiap akan shalat, dan memotong kuku tiap Jum’at dan mencukur rambut ketiak dan rambut aurat minimal sekali dalam setiap 40 (empat puluh) hari. Ini mencerminkan betapa besar perhatian beliau terhadap masalah kebersihan perseorangan. Selanjutnya NAbi SAW. Menganjurkan para sahabatnya agar memberi tutup pada tempat makan dan minumnya. (HR. Ahmad)

Jadi besih itu wajib hukumnya !
Termasuk, gak ada alasan lagi ya buat gak mandi !,

Walaupun alasannya “aah, kesiangan bangun, males ah mandi, capcus aja”,
“males ah, orang dirumah gak ngapa2in juga, kn gak keringetan . “
Eits ..eits …!!, no no no !!, BIG FAAAAAAALLSEEEE !!, >.<
Oke, sedikit membahas tentang ‘pentingnya mandi’ .
==========================================
Penelitian di Jepang menunjukkan 10 menit berendam dalam air hangat dapat memperbaiki kesehatan jantung baik pria maupun wanita, membantu mereka mengatasi test olahraga lebih baik dan mengurangi rasa sakit.
Lalu, apa saja manfaat dari mandi itu sendiri ??,
Cekidot !
1. Mengeluarkan racun Mandi air hangat sekitar 32-35 derajat Celsius membuka pori-pori yang dapat membantu mengeluarkan toksin. Mandi air hangat juga dapat membantu menurunkan tingkat gula darah, menyembuhkan sakit otot dan membantu menjaga usus besar bekerja dengan baik. Waktu yang dianjurkan selama 10-20 menit. 

2. Stress Jika benar-benar mengalami stress, mandi air dingin akan menjadi jawaban yang tepat. Temperatur yang dianjurkan sekitar 12-18 derajat Celsius.

Mandi air dingin sangat baik meredakan ketegangan, sebaliknya dari air hangat karena mandi air dingin dapat mempersempet darah dan meningkatkan tingkat gula darah.

3. Eksema Penyakit kulit tertentu seperti eksema, ruam atau gatal-gatal dengan menambahkan baking soda (sodium bicarbonate) ke dalam bak mandi dapat membuat perbedaan besar. Sodium bicarbobate bertindak sebagai antiseptik.

4. Infeksi  Infeksi yeast seperti sariawan dapat dibantu dengan menambahkan tiga atau empat cuka dari sari buah apel ke dalam bak mandi. Ini juga baik untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh karena
cuka dapat menyeimbangkan kembali asam.

 5. Flu dan Sakit Kepala Merendam kaki dalam air hangat dapat membantu menyembuhkan flu dan sakit kepala dan juga menyegarkan kembali kaki yang lelah. Masukan air hangat secukupnya dalam bak sampai menutupi kaki dan pergelangan kaki tambahkan beberapa tetes minyak seperti lavender, peppermint atau lemon. Setelah selesai basuh dengan air dingin. Lakukan selama 10-20 menit.

6. Insomnia Merendam kaki dalam air dingin sangat baik bagi anda yang memiliki masalah insomnia atau mereka yang memiliki masalah tidur. Masukan kaki sampai kaki merasa dingin.

Pengobatan ini juga berguna bagi kaki lelah, pendarahan hidung, flu dan sembelit.

7. Memperlancar Sirkulasi Darah
Untuk lebih jelasnya silakan merujuk kitab Subul al-Huda wa al-Rasyad Fi Sirah Khairil Ibad, karya Imam Muhammad ibn Yusuf al-Shalihi al-Syami (w. 942.H), tahqiq wa ta’liq Syaikh Adil Ahmad Ahmad Abdul Maujud dan Syaikh Ali Muhammad Mu’awwidh, di sana ada bab-bab mengenai perjalanan Rasulullah mengenai kesehatan dan kedokteran.

OLAH RAGA

Nabi SAW. Suka berolah raga. Diriwayatkan oleh Siti Aisyah, bahwa beliau suka mengajak Siti Aisyah berlomba lari sejak Siti Aisyah masih belia sampai tua. Diriwayatkan pula bahwa Nabi SAW. Suka berjalan kaki walaupun kuda dan unta tersedia untuk beliau. Diriwayatkan pula, bahwa cara nabi berjalan, yaitu seperti jalannya orang yang menuruni bukit, yaitu berjalan cepat. Demikian pula Nabi SAW. Pernah mewajibkan para orang tua untuk mengajarkan renang dan memanah kepada putra putrinya (HR. Al-hakim). Lari cepat dan renang merupakan jenis olah raga aerobic yang dianjurakan saat ini oleh para pakar kesehatan olah raga untuk menjaga kebugaran.


So, Biasakan diri kita untuk mnjalankan rutinitas SEHAT !!
Lebih baik mencegah toh, ketimbang mengobati ..bukan begitu ???



 BE HEALTHY ..!!!
HAMASAH !!



0 komentar:

Posting Komentar

sok mangga atuh di isi komentarnya ..
hatur nuwun ...

 
;